Kebunraya Baturraden

Artikel dan Publikasi Kebunraya Baturraden
08
Mei

Malaxis slamatensis, Anggrek Asli Lereng Gunung Slamet

Anggrek (Orchidaeae) merupakan famili terbesar yang menempati 7 – 10 % tumbuhan berbunga dan memiliki kurang lebih 20.000 – 35.000 spesies yang terdiri atas 750 – 850 genus (Dressler, 1993). Berdasarkan tempat hidupnya, anggrek dibedakan menjadi empat kelompok yaitu anggrek terestrial, anggrek epifit, anggrek litofit, dan anggrek saprofit. Kebanyakan anggrek ditemukan hidup sebagai tumbuhan terestrial dan beberapa spesies hidup menempel di batang pohon atau epifit (Dressler, 1993).

Whitten (1992) menyampaikan bahwa banyak diantara jenis-jenis anggrek yang waktu lalu banyak dan mudah dijumpai di alam, tetapi sekarang sudah sukar untuk mendapatkan kembali bahkan ada beberapa yang dianggap sudah punah di alam. Menurut Puspitaningtyas (2007), hal tersebut disebabkan karena selain kerusakan habitat, juga karena banyak dieksploitasi untuk diperdagangkan. Saat ini diperkirakan keberadaan dan kekayaan jenis anggrek di alam sudah mengalami perubahan. Pulau Jawa merupakan salah satu kawasan yang memiliki tingkat endemisitas jenis-jenis anggrek yang tinggi. Comber (1990) melaporkan bahwa di Jawa terdapat kurang lebih 731 jenis anggrek dan 231 jenis diantaranya dinyatakan endemik.

Kawasan Kebun Raya Baturraden berada pada kawasan Hutan Produksi Terbatas di wilayah BKPH Gunung Slamet Barat, KPH Banyumas Timur, Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Luas Kawasan KR Baturraden mencapai 143,5 ha berada pada ketinggian 702-1076 m dpl. Kondisi topografi  berupa daerah gunungan yang bergelombang dan berbukit-bukit dengan kemiringan antara 20 sampai 70%. Kebun Raya ini memiliki tipe iklim A (Hujan Basah) dengan curah hujan rata-rata 5198,29 mm/tahun dan 167 hari hujan/tahun (Manalu et al., 2015).

Salah satu koleksi yang banyak terdapat di Kebun Raya Baturraden adalah famili Orchidaceae atau anggrek. Sampai dengan saat ini, telah terkumpul sebanyak 208  spesimen dari 37 marga, 55 jenis dan masih ada 40 koleksi anggrek yang belun teridentifikasi. Koleksi Anggrek yang ada di Kebun Raya Baturraden berasal dari kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh PKT Kebun Raya LIPI maupun oleh Kebun Raya Baturraden sendiri. Salah satu jenis anggrek yang menjadi koleksi KR Baturraden merupakan jenis endemic Gunung Slamet yaitu Malaxis slamatensis.

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...